Senin, 13 Desember 2010

Muncul Blog 'Peniru' WikiLeaks

Share

Indoleaks
JAKARTA - Meledaknya berita mengenai WikiLeaks di sejumlah media, ternyata turut menginspirasi penggiat dunia maya di Indonesia. Buktinya, sebuah blog yang beralamat di indoleaks.org sedikit banyak mirip dengan situs WikiLeaks.

Ditelusuri okezone, Jumat (9/12/2010), indoleaks.org ini berbasis blog dan masih hangat dibuat oleh pengelolanya. Terbukti, dari arsip yang terpampang, update berita tersebut baru dilakukan pada Desember 2010. Bahkan, baru satu artikel yang diklaim mereka termasuk 'rahasia' yang dipublikasikan.

"Indoleaks muncul sebagai jawaban atas kebuntuan informasi. Terutama informasi yang berpeluang menjadi bumerang bagi penguasa, politisi dan kaum jahat lainnya di Indonesia. Indoleaks berusaha memilah dan memilih dokumen yang seharusnya diketahui publik, dari ratusan koleksi Indoleaks. Kami akan terus mendobrak kebuntuan informasi, dengan mempublikasikan hak kita yang bernama informasi," tulis pengelola Indoleaks.

Namun, tidak seperti WikiLeaks, di blog Indoleaks ini pengelola juga mengajak peran serta masyarakat untuk membantu mempublikasikan dokumen yang selama ini dianggap tabu.

"Anda juga bisa berbagi bersama kami, dengan menghubungi melalui indoleaks@gmail.com," tambah blog itu.

Tentunya, dengan Syarat dan Ketentuan
1. Indoleaks.org memiliki beberapa syarat dan ketentuan yang terkait dengan dokumen di dalamnya.
2. Dokumen harus ORISINIL, tanpa ada opini pengirim di dalamnya.
3. Indoleaks.org akan menyebutkan sumber dokumen adalah ANONIM.
4. Dokumen yang dipublikasikan adalah dokumen yang MEMILIKI kepentingan publik.
5. Indoleaks.org TIDAK akan mempublikasikan informasi yang terkait dengan rekening bank, medical record, dan rahasia pribadi lainnya.
6. Indoleaks.org TIDAK bertanggung jawab atas penggunaan dokumen yang dipublikasikan.

0 komentar:

Poskan Komentar