Sabtu, 04 Desember 2010

Korsel Ancam Lakukan Serangan Udara

Share


SEOUL - Korea Selatan (Korsel) keluarkan akan melakukan serangan udara terhadap pihak Korea Utara (Korut) dan menghukum mereka, tetangganya itu kembali melancarkan serangan.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (4/12/2010), Ancaman berani itu dilayangkan saat latihan perang Amerika Serikat (AS) dengan Jepang saat ini dimulai di luar perairan Semenanjung Korea.

Manuver yang berlangsung di Laut China Selatan ini melanjuti latihan serupa yang dilakukan AS-Korsel pekan ini. Latihan ini sendiri dimaksudkan untuk menunjukan kemampuan perang Korsel kepada Korut, yang melancarkan serangan mematikan ke Korsel 23 November lalu.

Sementara calon Menteri Pertahanan Korsel Kim Kwan Jin menyatakan kepada parlemen, "jika Korut kembali melancarkan serangan, pemerintah akan melakukan serangan udara sebagai balasannya".

Militer Korsel sempat melepaskan serangan artileri, ke arah tetangganya yang dipimpin Kim Jong-Il setelah serangan 23 November. Namun pihak Seoul menolak untuk menggunakan serangan udara, guna mencegah meningkatnya eskalasi kedua negara.

0 komentar:

Poskan Komentar