Minggu, 14 November 2010

5 Tips Menurunkan Penyakit Jantung

Share

Gaya hidup masa kini yang ‘demanding’ membuat kita hidup dalam berbagai tekanan. Belumlagi pola makan yang sembrono – ‘asal kenyang dan asal enak’ membawa kita pada ancaman berbagai penyakit. Penyakit jantung adalah salah satu momok dalam dunia kesehatan.

Namun sesungguhnya tak terlalu sulit untuk mencegah dan menurunkan resiko dari berbagai penyebab penyakit jantung.

Berikut 5 cara di antara berbagai usaha mengurangi resiko terkena penyakit jantung.

Mengikuti Diet Jantung Sehat

Healthy heart diet atau diet jantung sehat merupakan panduan yang cukup sederhana dan mudah untuk diikuti. Dengan diet ini faktor makanan yang kita konsumsi dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung.

* Mengurangi dan membatasi makanan yang mengandung lemak trans dan hydrogenated oils yang dapat ditemukan pada mentega, fast food, serta makanan yang di goring.
* Batasi pula konsumsi gula-terefinasi seperti dari cake, cookies, permen dan lain sebagainya.
* Gunakan ‘extra virgin olive oil’ dan bawang putih saat memasak, dua bahan ini mampu menurunkan kolesterol.
* Tambahkan Asam Lemak Omega 3 dalam diet anda – sumber terbaiknya adalah dari minyak ikan Salmon.

Berlatih / Berolah Raga Secara Teratur

Membangun program latiahan atau olahraga yang stabil dan teratur jelas akan membuat resiko terkena penyakit jantung akan menurun. Tubuh yang terbiasa berolah raga mampu dengan cepat me-recharge energi dan meningkatkan ketahanan tubuh. Cara mudahnya :

* Cobalah untuk melakukan olah raga ringan di gym , sekadar Jogging atau bersepeda, 3-4 kali dalam semiinggu. Lakukan sekurangnya 30 menit setiap kalinya.
* Jaga rutinitas sehari-hari Anda, serta mulailah dengan tempo yang perlahan.
* Pastikan untuk selalu melakukan peregangan setelah laithan atau olah raga keras.
* Jaga kadar air selama berolah raga, serta beristirahatlah beberapa kali dalam satu kali keseluruhan latihan.

Canangkan Gaya Hidup Sehat

Selain menjalankan diet sehat dan berolahraga secara teratur, ada beberapa kebiasaan dan gaya hidup yang harus diperbaiki untuk terus menunjang usaha menurunkan resiko terkena penyakit jantung. Diantaranya :

* Berhenti merokok dan hindari menjadi perokok pasif – keduanya menyebabkan penyakit jantung sama bahayanya.
* Batasi atau hindari mengkonsumsi alkohol – konsumsi alkohol dalam jumlah berlebihan akan menguras kadar vitamin dan nutrisi lain dalam tubuh.
* Hindari Stress dan perasaan gelisahan – kedua hal ini dapat melonjakkan tekanan darah. Tekanan darah yang meningkat dapat menggangu metabolism dan berujung pada berbagai penyakit.
* Jagalah berat badan pada batas ideal yang disarankan – kegemukan juga akan meningkatkan peluang terkena penyakit jantung.

Perhatikan Indikator Darah dalam Memicu Penyakit Jantung

Pastikan untuk melakukan pemeriksaan darah rutin seperti cek kadar kolesterol (HDL dan LDL), Triglyceride dsb. Perhatikan cara berikut jika terjadi peningkatan level dari indikator tadi :

* Jika Kolesterol Anda meningkat, segera jaga asupan makanan Anda. 20% dari kolesterol datang dari apa yang kita makan, 80% lainnya sesungguhnya diproduksi oleh liver kita.
* Jika kadar Triglyceride( lemak) terlalu tinggi, turunkan jumlah karbohidrat dan gula yang kita makan.

Masukkan Nutrisi Sehat Jantung kedalam Makanan

Proses pengolahan makanan dewasa ini banyak mengurangi bahkan menghilangkan nutrisi esensial dari bahan makanan. Jadi saat kita mengkonsumsi makanan yang seharusnya mengandung vitamin ataupun nutrisi yang baik, sesungguhnya nutrisi dan vitamin tersebut sudah lenyap dari makanan.

Jadi ada kalanya kita memilih suplemen makanan yang mengandung nutrisi yang baik bagi jantung kita. Itu semua agar tubuh lebih siap dalam menjaga kesehatan jantung. Berikut panduannya :

* Ikan di perairan yang dingin sering tercemar dan tidak mengandung sari Omega 3. Hal ini terjadi karena proses penanganan dan pengolahannya yang kurang baik. Untuk itu ada perlunya mengkonsumsi suplemen minyak ikan murni yang disuling dengan molekul.
* Banyak dari kita tak sadar kalu kekurangan Vitamin. Ini terjadi karena diet yang buruk, faktor usia lanjut atau sedang sakit. Oleh karena itu suplementasi vitamin sangat penting untuk jantung. Beberapa diantaranya adalah Vitamin B, Antioksidan, vitamin C dan Vitamin E sangat penting untuk menjaga ketahanan jantung.
* Ada banyak nutrisi penting untuk menjaga kesehatan Jantung serta kesehatan umum dan kesejahteraan. Berkonsultasilah dengan ahli nutrisi untuk mendapatkan pola makan yang baik dan benar.


Sumber : http://amrusujud.blogspot.com

1 komentar:

Anonim mengatakan...

harus banyak2 olahraga...

Poskan Komentar