Jumat, 18 Februari 2011

Pesawat NASA Bongkar Misteri Komet

Share

Pesawat NASA yang terbang mendekati komet Tempel 1, Senin (14/2) lalu mengungkap gambar kawah dari satelit Deep Impact. Misteri apa lagi yang terbongkar?

Pendekatan di malam Valentine itu tak mudah bagi pesawat Stardust-NExT. Pasalnya, pesawat ini harus melawan puing-puing dari komet agar bisa mendapat lusinan gambar komet.

“Komet sangat unik ketika berada di bagian dalam tata surya tempat Bumi berada,” kata penyidik Stardust-NEXT Don Brownlee.

Ilustrasi saat komet Tempel 1 mendekati satelit NASA
Menurutnya, komet terpisah dan mengeluarkan berton-ton gas dan batu dan debu di luar angkasa.

“Mereka tak hanya memuntahkan hal itu dengan cara seragam. Mereka mengeluarkan gumpalan tanah dan es dan batu secara terpisah,” kata Brownlee sambil memainkan audio dari pesawat luar angkasa itu. Suaranya seperti ledakan petasan yang cepat.

“Analogi baiknya adalah seperti B-17 di Perang Dunia II yang terbang melalui antipeluru, jadi komet memiliki lingkungan yang sangat dramatis," katanya.

Gambar-gambar yang diambil Stardust menunjukkan beberapa erosi selama lima tahun terakhir. Selain itu, untuk pertama kalinya para ilmuwan bisa melihat kawah buatan satelit NASA di sana.

"Kami tak pernah melihat kawah itu ketika melewatinya, kawah itu ada di suatu tempat yang menciptakan banyak misteri dan membantu membuat misi ini," kata penyidik Pete Schultz dari Brown University.

0 komentar:

Poskan Komentar