Selasa, 04 Januari 2011

Masa Kadaluarsa Barang-barang yang Sering Kita Pakai

Share


masa kedaluarsa, kedaluarsa barang, kedaluarsa handuk, sisir
Tidak hanya makanan atau mungkin kosmetik yang memiliki tanggal kedaluarsa. Beberapa benda yang biasa dipakai sehari-hari juga memiliki masa pakai karena mengalami penurunan fungsi seiring intensitas pemakaian. Jika tetap di pakai dalam kondisi kedaularsa tentu berpengaruh juga bagi kesehatan pemakainya.
Ketahui sejumlah benda yang bisa mendatangkan efek negatif jika tidak diganti atau dirawat secara teratur.
1. Sisir
Bersihkan sisir dengan air hangat satu kali dalam seminggu. Ganti jika sikat sisir mulai rusak atau sudah terasa sakit saat digunakan. Seperti dikutip dari The Sun, Food and Drink Federation, Inggris, mengungkap, satu milimeter folikel rambut bisa membawa 50.000 bakteri.
Sisir Anda bahkan bisa membawa bakteri lebih banyak, karena menjadi sarang bertumpuknya sel kulit kepala mati dan sisa produk perawatan rambut. Jika tidak dibersihkan bisa menimbulkan ketombe.
2. Sikat gigi
Menurut penelitian, efektivitas sikat gigi hanya berumur tiga bulan. Jika bulu sikat mulai rusak sebaiknya segera ganti dengan yang baru, karena bisa membuat gusi terluka dan berdarah. Ganti sikat gigi setiap tiga bulan sekali.
3. Bra
Beli bra baru tiap tiga bulan. Khusus bra olahraga, ganti baru setelah dicuci 30 sampai 40 kali. Hindari menggunakan detergen kimia dan pelembut karena merusak bahan lycra pada bra. Anda perlu membeli bra secara teratur karena payudara terdiri dari jaringan lemak. Jika tidak tersangga dengan baik, payudara akan lebih cepat turun dan mengendur.
4. Matras
Ganti matras atau ranjang setiap 8-10 tahun. Menurut Sleep Council, fungsi matras yang menurun bisa menurunkan kualitas tidur penggunanya. Belum lagi tungau dan kutu yang berkembang biak di dalamnya bisa memicu gangguan kulit.
5. Alas memotong/talenan
Selalu bersihkan dan cuci dengan cairan disinfektan setelah digunakan. Ganti dengan yang baru, jika mulai sulit dibersihkan. Menurut Hygiene Council, paparan bakteri alas untuk memotong 50 kali lebih banyak daripada dudukan toilet. Untuk itu, jangan sampai kesehatan keluarga bermasalah, karena alat memasak yang kurang bersih.
6. Handuk
Cuci handuk tiap minggu dalam air bertemperatur 60 derajat celsius. Anda bisa dengan mudah terkena infeksi kulit jika jarang mencuci handuk. Apalagi jika handuk juga digunakan oleh orang lain, penyakit kulit akan menular. Jangan memiliki kebiasaan berbagi handuk yang sama dengan orang lain.

0 komentar:

Poskan Komentar